UJIAN KEMAMPUAN BERBAHASA JEPANG

Diadakan setiap tahun, berlangsung pada bulan Desember

Terdiri dari berbagai tingkat

Diikuti oleh ratusan ribu orang di seluruh dunia

Ujian Kemampuan Berbahasa Jepang (Japanese-Language Proficiency Test, atau dalam bahasa Jepang disebut Nihongo Nouryoku Shiken) diselenggarakan setiap tahun oleh The Japan Foundation and Japan Educational Exchanges and Services, dalam kurun waktu 22 tahun terakhir ini. Terakhir berlangsung pada bulan Desember 2006. Dengan menempuh ujian ini, peserta dapat menguji kemampuannya berbahasa Jepang(tertulis dan lisan) pada tingkatan tertentu, karena ujian ini terbagi atas 4 tingkatan, yaitu dari tingkat 4(dasar), 3, 2 , dan 1(kemampuan tertinggi). Seorang peserta dapat dapat memilih ujian tingkat mana yang ingin ditempuhnya. Sertifikat kelulusan dikirim langsung dari Jepang.

Pada tahun 2005 sebanyak 6411 orang di Indonesia mengikuti ujian ini, dari 7203 yang mendaftar. Ujian dilakukan di beberapa kota yang sudah ditentukan. Di Indonesia diadakan di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Medan dan Padang atas kerjasama dengan berbagai pihak. Sertifikat lulus ujian bermanfaat untuk studi lebih lanjut di Jepang, mencari pekerjaan di perusahaan Jepang dsb.

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai pendaftaran, persyaratan, dll dapat diperoleh di kantor Japan Foundation Jakarta, yaitu di lt. 3 Gedung Summitmas Tower I, Jl. Jenderal Sudirman kav. 61-62, Jakarta Selatan. Telp 021-5201266

Artikel di atas saya kutip dari buletin ANEKA JEPANG Edisi 319 2007(2) yang saya peroleh dari Kedutaan Besar Jepang di Jakarta saat masih kerja di Jakarta awal tahun 2008 yang lalu.

Semoga saja bisa bermanfaat. Ganbatte Kudasai..

2 thoughts on “UJIAN KEMAMPUAN BERBAHASA JEPANG

  1. sekedar menambahkan,
    untuk area bandung pendaftaran untuk ujian biasanya bisa dilakukan di kampus2 yang punya jurusan bahasa jepang (such as unpad, upi, dll…….)
    meskipun begitu, umum juga boleh ko daftar lewat kampus. jadi nantinya sertifikat hasil ujian akan dikirim ke tempat dimana kita terdaftar.
    ujian biasanya dilaksanakan hari minggu, di minggu pertama bulan desember setiap tahunnya. hasil ujian biasanya keluar tiga bulan setelah ujian (sekitar bulan maret)
    untuk tiap tingkatan, ada 3 tipe soal yang diujikan; yaitu moji-goi (vocab), choukai (listening), dokkai-bunpou (reading&grammar)
    tapi, menurut info terakhir yang saya dapat, mulai thn 2010 sistem ini akan dirubah. yang tadinya 4 level akan menjadi 5 level…..level 5-4-3-2-1 dan pelaksanaan ujian menjadi 2 kali dalam setahun. tipe soal pun dikabarkan akan berubah, tidak sama seperti tahun2 sebelumnya.
    seperti apa tipe soalnya? well, i guess we’ll have to wait until next year for the official announcement. till then, keep on digging the latest information about this issue

    nagasugite sumimasen ne….(sorry komennya kepanjangan) heheh

  2. Woww..Mantaps sekali ya info yang ditambahkan, udah gitu jago English pula…
    Wah jadi makin tambah penasaran nich sama Thamita san…
    Saya tunggu add Facebook nya yawh:)

    Salam semangat selalu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s